HIJAU=BIRU


Membaca judul diatas anda pasti bingung,apa sih hubungannya Hijau ama Biru..:). Sewaktu jaman kuliah di Surabaya dulu saya pernah ditanya ama temen (sambil senyum-senyum)"apa sih warna Kaosku ini?" sambil menunjuk kaos warna hijaunya..waakkss...Maksud lo?? Mangnya aku buta warna apa.

Dengan mantap saya jawab "Hijau.!" mereka ketawa-ketawa trus bilang "owh bukan biru ya" hehehe..ternyata mereka ngeledek saya,karena biasanya orang madura mengucapkan warna Hijau itu dengan "Bhiru".
Sering terjadi kejadian-kejadian lucu mengenai warna ini,misalnya ketika ada seorang bapak-bapak pergi ke toko buku untuk membelikan alat tulis buat anaknya,dia bilang ke seorang pramuniaga dengan bahasa indonesia namun dengan logat madura yang medok "ambilkan buku yang bhiru diatas itu mbak" sambil menunjuk sebuah buku di atas rak yang agak tinggi,si mbak mengambilkan sebuah buku warna biru yang menurut dia sesuai dengan yang diinginkan bapak itu,namun bapak itu bilang "bukan itu mbak,yang warna bhiru.." si mbak yang ternyata orang jawa itu bingung,ya ini kan warna biru yang aku ambil, tapi bapak itu tetap ngeyel minta warna bhiru.kemudian dia menunjuk sebuah kertas kado berwarna hijau sambil berkata "warna bhiru kayak gini lo mbak" kontan aja si mbak tertawa dia baru mengerti bahwa bapak itu meminta buku dengan warna hijau.

Lucu memang rasanya tapi itulah kenyataanya. Dalam bahasa madura warna hijau diucapkan bhiru sedangkan warna biru sendiri adalah bungoh (mirip2 ungu ya)dan warna ungu menjadi Bhungoh terrong. Namun dalam keseharian saya berusaha mengucapkan warna-warna itu sesuai aslinya saja meskipun rasanya aneh,hijau dibaca ijo,biru dibaca bhiru,dan ungu dibaca bhungoh, daripada ntar saya dibilang buta warna??.. ;D

Sumber gambar:http://www.jelajahbudaya.com/

0 komentar:

Posting Komentar